Viewers

Kamis, 24 Januari 2013

Ringkasan Materi " MANUSIA dan KEADILAN "


 Pada Tanggal 12 Januari 2012 untuk perkuliahan “Ilmu Budaya Dasar”, saya mendapatkan beberapa pemahaman tentang Manusia dan Keadilan. Selebihnya ada yang saya tambahkan untuk isi didalam materi tersebut.

                Keadilan dapat diartikan sebagai kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal.  Keadilan dapat terjadi diseluruh penjuru dunia dan itu tergantung kepada  pribadi masing-masing setiap individu dalam menerapkan suatu keadilan.

                Ada beberapa Macam keadilan, diantara nya Keadilan  Legal, Keadilan komunikatif , Keadilan Distributif dan lain sebagai nya. Keadilan legal merupakan keadilan  yang timbul karena penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras kepada bagian-bagian yang membentuk suatu masyarakat. Keadilan Komunikatif yaitu keadilan yang bertujuan untuk memelihara ketertiban masyarakat. Keadilan Distributif yaitu keadilan yang akan terlaksana apabila hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan tidak sama.

                Didalam suatu keadilan tentunya membutuhkan suatu kejujuran. Kejujuran dapat diartikan berbicara atau bertindak apa adanya,  tidak dilebihkan maupun dikurangkan dengan tindakan atau perkataan yang menyimpang dari hal sebenarnya. Apabila keadilan tidak didasari pada kejujuran maka keadilan tidak akan terjadi, sebab akan terjadi sebuah kebohongan yang akan menyebabkan suatu ketidakadilan.

                Hal yang bertentangan dengan kejujuran yaitu adanya kecurangan. Kecurangan berartikan suatu sikap yang bermaksud untuk memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan berusaha yang dilandasi dengan sikap curang untuk mendapatkan sesuatu hal yang di inginkan. Didalam suatu keadilan tidak boleh ada kecurangan karena akan mengakibatkan tidak adanya kejujuran. Sedangkan kejujuran adalah faktor terpenting didalam suatu keadilan.

                Manusia diharapkan untuk mempunyai sikap adil dalam hidupnya. Bersikap adil dalam hal apapun.  Apabila manusia menerapkan keadilan didalam hidupnya, kehidupan didunia akan semakin sejahtera.

(+) Positive yang harus ditekankan
- Menerapkan perilaku adil keseluruh mahkluk didunia ini baik manusia,hewan dan lain sebagai nya
- Berprilaku jujur
- Bersikap baik didalam menjalankan suatu keadilan

(-) Negative yang harus ditinggalkan
- Tidak bersikap jujur
- Tidak berprilaku adil
- Bersikap egois untuk mendapatkan suatu keuntungan dengan menyampingkan suatu keadilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar