Viewers

Rabu, 30 Januari 2013

Ringkasan Materi " MANUSIA dan HARAPAN "


Pada Tanggal 26 Januari 2013 untuk perkuliahan “Ilmu Budaya Dasar”, saya mendapatkan beberapa pemahaman tentang Manusia dan Harapan. Selebihnya ada yang saya tambahkan untuk isi didalam materi tersebut.

Manusia tentunya memiliki sebuah harapan. Harapan dapat diartikan sebagai sesuatu yang di inginkan untuk dicapai. Contoh nya seperti harapan untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Harapan dapat terlaksana dengan baik apabila seseorang melakukan usaha dan dilandasi niat yang kuat untuk mencapai harapan tersebut. Manusia tentu memiliki sebuah kodrat untuk mencapai sebuah harapan.   Kodrat ialah sifat atau pembawaan alamiah yang terjelma di dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh tuhan. Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan misalnya tertawa,menangis dan lain sebagai nya.

Didalam kodrat  manusia terdapat juga dorongan kebutuhan hidup contoh nya seperti kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup maka manusia mempunyai harapan.

(+) Positive yang harus ditekankan
-  mempunyai harapan yang positive
- didasari oleh niat yang kuat untuk mencapai sebuah harapan

(-) Negative yang harus ditinggalkan
- mempunyai harapan yang negative
- didasari oleh niat yang tidak ‘bulat’ dalam mencapai harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar