Viewers

Rabu, 30 Januari 2013

Ringkasan Materi " MANUSIA dan KEGELISAHAN "


Pada Tanggal 26 Januari 2013 untuk perkuliahan “Ilmu Budaya Dasar”, Kelompok saya menjelaskan tentang Manusia dan Kegelisahan. Tetapi disini saya akan mengulas kembali dan sedikit menambah tambahan untuk materi tersebut.

Manusia tentunya terkadang mengalami kegelisahan. Kegelisahan berartikan suatu perasaan yang tidak tenang atau dapat kita sebut dengan perasaan cemas. Kegelisahan dapat menghampiri manusia apabila manusia tersebut merasa panik atau merasa khawatir terhadap sesuatu hal. Contoh nya seperti panik pada saat berada dalam situasi mendesak.

Kegelisahan dapat dibagi menjadi kegelisahan positive dan kegelisahan negative. Kegelisahan positive yaitu seperti kegelisahan yang mengakibatka sesuatu hal yang positive. Contoh nya seperti seseorang yang gelisah karena besok ada ujian tetapi karena perasaan gelisah nya tersebut maka malam nya ia belajar untuk menghadapi ujian besok.  Kegelisahan negative yaitu kegelisahan berlebih-lebihan. Contoh nya seperti seseorang merasa gelisah karena takut diputusi pacar nya hingga ia bunuh diri sebelum mengetahui kebenaran bahwa pacar nya kan memutuskan dia atau tidak.

Untuk mengatasi kegelisahan ada beberapa cara yaitu dengan bersikap tenang, intropeksi diri, dan berserah diri kepada tuhan. Dengan ada nya bersikap tenang maka seseorang tidak akan merasa panik yang dapat menimbulkan perasaan gelisah.  Kemudian dengan adanya intropeksi diri maka seseorang akan berpikir apa penyebab dari kegelisahan nya dan bagaimana cara untuk menyelesaikan nya tanpa harus menimbulkan kegelisahan nya kembali. Dengan berserah diri kepada tuhan mudah-mudahan seseorang akan terbantu untuk mengatasi kegelisahan nya.

Didalam materi manusia dan kegelisahan diulas juga tentang kesepian dan keterasingan. Kesepian dapat diartikan  sendiri atau merasa tidak mempunyai teman. Contoh nya seperti seseorang yang merasa kesepian karena ia merasa tidak mempunyai teman dikelas nya. Sedangkan keterasingan berartikan tersisihkan dari  pergaulan atau merasa terpencil dari orang lain. Contoh nya seperti rina merasa diasingkan oleh teman-teman nya karena ia mempunyai penyakit HIV aids.

Untuk mengatasi kesepian bisa dengan cara menyibukan diri, melibatkan diri dalam komunitas, dan membuat komitmen untuk berintertaksi dengan orang lain. Sedangkan untuk mengatasi kesepian dapat dengan cara intropeksi diri, bertanya kepada orang-orang sekitar mengapa di terasingkan atau mencoba untuk mengubah keadaan bagaimana supaya tidak diasingkan.
  
(+) Positive yang harus ditekankan
-  Bersikap tenang agar tidak timbul perasaan gelisah
- berusaha untuk bergaul agar tidak merasa kesepian atau terasingkan
- jadikan sebuah kegelisahan menjadi motivasi bagi kita untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi

(-) Negative yang harus ditinggalkan
- merasa panik
- tidak mau berteman hingga mengakibatkan seseorang merasa kesepian atau terasingkan
- selalu merasa gelisah secara terus menerus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar