Viewers

Rabu, 30 Januari 2013

Ringkasan Materi " MANUSIA dan TANGGUNG JAWAB "


Pada Tanggal 26 Januari 2013 untuk perkuliahan “Ilmu Budaya Dasar”, saya mendapatkan beberapa pemahaman tentang Manusia dan Tanggung jawab. Selebihnya ada yang saya tambahkan untuk isi didalam materi tersebut.

Setiap perilaku yang dilakukan oleh manusia membutuhkan suatu pertanggung jawaban. Tanggung Jawab berartikan adanya kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan nya yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.  Contoh nya seperti apabila manusia melakukan kesalahan dengan cara berbohong, maka dia harus bisa bertanggung jawab atas perkataan nya.

Hal terpenting yang  harus dimiliki oleh manusia yang bertanggung jawab adalah niat. Apabila tanggung jawab tidak dilandasi oleh niat maka tanggung jawab tidak dapat terjadi. Dengan adanya niat maka seseorang akan menumbuhkan keinginan untuk bertanggung jawab terhadap apapun yang dilakukan.

Macam-macam Tanggung jawab diantaranya tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, Bangsa/negara dan Tuhan.  Tanggung jawab terhadap diri sendiri contoh nya seperti bertanggung  jawab dalam belajar sebagai pelajar. Tanggung jawab terhadap keluarga contoh nya seperti bertanggung  jawab terhadap menjaga saudara kandung. Tanggung jawab terhadap masyarakat contoh nya seperti bertanggung jawab menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang senantiasa menjaga keharmonisan antara tetangga. Tanggung Jawab terhadap bangsa dan negara contoh nya seperti bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian kebudayaan bangsa indonesia. Tanggung Jawab terhadap Tuhan contoh nya seperti bertanggung jawab dalam beribadah.


(+) Positive yang harus ditekankan
- bertanggung jawab terhadap segala perbuatan yang dilakukan
- didasari oleh niat yang kuat untuk bertanggung jawab
-  bertanggung jawab dengan hal-hal yang positive

 (-) Negative yang harus ditinggalkan
- bersikap tidak bertanggung jawab
- mempunyai niat yang setengah-setengah untuk bertanggung jawab sehingga tanggung jawab tidak dapat berjalan dengan mulus
- bertanggung jawab dengan hal-hal yang negative



Tidak ada komentar:

Posting Komentar