Viewers

Kamis, 24 Januari 2013

Ringkasan Materi " MANUSIA dan PENDERITAAN "


 Pada Tanggal 12 Januari 2012 untuk perkuliahan “Ilmu Budaya Dasar”, saya mendapatkan beberapa pemahaman tentang Manusia dan Penderitaan. Selebihnya ada yang saya tambahkan untuk isi didalam materi tersebut.

                Manusia tidak luput dari kebahagian, tetapi didalam kebahagian nyatanya ada beberapa manusia yang mengalami penderitaan. Penderitaan yaitu menanggung sesuatu hal yang tidak menyenangkan.  Penderitaan dapat terjadi disetiap insan manusia yang memiliki suatu masalah atau justru kebahagian sudah ia dapatkan tetapi penderitaan tetap ia alami.

                Contoh nya seperti kebahagian yang dialami seorang mahasiswa yang bernama Silvi. Ia merasa bahagia mempunyai  semua barang yang dia inginkan karena orang tua nya kaya dan selalu mentransfer uang. tetapi dilain hal ia merasa menderita karena orang tua nya jarang sekali bertemu dengan nya hingga ia merasa kesepian tidak diberikan kasih sayang secara langsung dengan orang tua nya bukan hanya dengan uang, namun sentuhan kasih sayang yang ia perlukan.

                Berdasarkan contoh diatas dapat dikatakan penderitaan membuat seseorang menjadi sedih atau justru merasa terbebani dengan adanya penderitaan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Penderitaan itu muncul diantara nya ada faktor Internal dan Faktor eksternal.

                Penyebab seseorang menderita diantaranya karena perbuatan buruk manusia , penyakit dan penderitaan dari siksaan/azab tuhan yang diberikan. Perbuatan buruk manusia contoh nya seperti menebang pohon di hutan maupun pohon dilingkungan sekitar yang akhirnya menyebabkan banjir dan masyarakat menjadi menderita karena harus mengungsi ataupun rumah nya kebanjiran dan lain sebagai nya. Penyakit, bisa dikatakan penyakit juga dapat menyebabkan penderitaan walaupun itu tergantung terhadap individu itu sendiri apakah penyakit yang ia alami menimbulkan suatu penderitaan didalam diri nya atau bahkan ia tidak merasa menderita,  justru merasakan suatu kenikmatan yang ia alami.

                Contoh nya seperti seseorang yang tidak memiliki kedua kaki karena cacat dari lahir sehingga ia selalu berjalan dengan kedua tangan nya namun ia tidak merasa menderita dan selalu bersyukur atas apa yang sudah tuhan berikan terhadapnya.  Penderitan yang disebabkan karena siksaan/azab tuhan yang diberikan, contoh nya seperti seseorang  yang selalu bersikap sombong dan tidak pernah memberikan sedikit harta yang ia miliki terhadap orang-orang miskin. Pada akhirnya orang tersebut diberikan azab/siksaan dari tuhan yang membuat ia menjadi jatuh miskin bahkan lebih miskin dari orang-orang disekitarnya kemudian orang tersebut merasa menderita dengan apa yang ia miliki sekarang dengan kehidupan yang serba tidak bercukupan.

(+) Positive yang harus ditekankan
-  Berusaha untuk tidak cepat mengeluh apabila mengalami suatu penderitaan
- Bersikap dewasa dalam menyingkapi segala permasalahan yang membuat seseorang menjadi menderita
-Mensyukuri atas apa yang sudah tuhan berikan, sehingga apabila diberikan cobaan dari tuhan maka tetap merasa bersyukur dan sebisa mungkin mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

(-) Negative yang harus ditinggalkan
-  Merasa putus asa dan terbebani dengan penderitaan yang sedang dialami
- Tidak berusaha untuk mencari jalan keluar dari penderitaan yang sedang dialami
-  Memberikan kesan negative terhadap penderitaan yang sedang dialami,  padahal mungkin nyatanya banyak hal-hal yang kita tidak kita ketahui apakah penderitaan tersebut akan memberikan dampak negative atau justru dampak positive yang akan diakibatkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar