Viewers

Kamis, 24 Januari 2013

Ringkasan Materi " MANUSIA dan PANDANGAN HIDUP "


Pada Tanggal 12 Januari 2012 untuk perkuliahan “Ilmu Budaya Dasar”, saya mendapatkan beberapa pemahaman tentang Manusia dan Pandangan Hidup. Selebihnya ada yang saya tambahkan untuk isi didalam materi tersebut.

                Manusia kemungkinan besar memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup dapat diartikan sesuatu hal yang dijadikan pedoman dimana seseorang menjalani hidupnya dengan aturan yang ia buat untuk memajukan kehidupan nya. Setiap insan manusia memiliki pandangan hidup yang berbeda- beda. Ada yang memiliki pandangan hidup untuk menjadikan dirinya seorang  yang berhasil di masa mendatang dengan cara selalu berusaha, berdoa dan memohon dukungan terhadap orang-orang disekitarnya serta ada pula orang yang memiliki pandangan hidup untuk menjadikan dirinya sebagai seseorang yang memiliki karakter jahat,penipu dan lain sebagainya untuk meraih keuntungan dari orang-orang sekitar nya.

                Pandangan hidup diantara nya bertujuan untuk meraih cita- cita. Dengan ada nya cita- cita maka seseorang akan berusaha untuk senantiasa berpedoman terhadap pandangan hidup nya agar cita- cita nya tercapai. Pandangan hidup tidak luput dari adanya akal dan budi. Akal berartikan kemampuan berpikir sebagai kodrat alami yang diberikan tuhan terhadap manusia. Budi berartikan batin manusia,panduan dari akal dan perasaan yang dapat menimbang baik buruk segala sesuatu.  Dengan adanya akal dan budi maka seseorang dapat terdorong untuk memiliki pandangan hidup.

                Pandangan hidup untuk meraih cita- cita akan berhasil tergantung kepada usaha yang dilakukan untuk meraih cita- cita nya tersebut. Walapun seseorang memiliki pandangan hidup tetapi ia melakukan usaha yang setengah-setengah untuk meraih cita-cita nya tersebut maka cita-cita nya kemungkinan tidak akan tercapai,  sebab cita-cita akan dapat diraih apabila ada usaha ataupun keinginan yang kuat untuk meraih cita-cita tersebut. Namun usaha juga dapat dipatahkan dengan adanya keberuntungan,  contoh nya seperti seseorang  yang memiliki pandangan hidup untuk menjadi seorang mahasiswa dokter di Universitas ternama tetapi ia tidak serius dalam melakukan langkah-langkah yang ia lalui untuk menjadi seorang  mahasiswa dokter di Universitas ternama, tiba-tiba ia memiliki kabar bahwa ayah nya dapat memasukan diri nya secara ‘Mudah’ untuk kuliah di universitas tersebut dan menjadi mahasiswa kedokteran.  Hal tersebut merupakan suatu keberuntungan yang dimiliki orang tersebut tanpa harus berusaha terlebih dahulu dalam mengikuti pandangan hidup nya untuk mencapai cita-cita yang di inginkan nya hanya dengan ‘usaha’ ayah nya saja.

(+) Positive yang harus ditekankan
- Memiliki pandangan hidup yang positive
- Berusaha untuk menggapai cita-cita
- Menggunakan akal dan budi kita dengan baik

(-) Negative yang harus ditinggalkan
- Memiliki pandangan hidup yang negative
- Tidak berusaha untuk menggapai cita-cita
- Menggunakan akal dan budi kita dengan hal – hal yang tidak baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar