Viewers

Jumat, 23 November 2012

Ringkasan Materi "MANUSIA dan KEINDAHAN"


 Pada Tanggal 10 November 2012 untuk perkuliahan “Ilmu Budaya Dasar”, saya mendapatkan beberapa pemahaman tentang Manusia dan Keindahan. Selebihnya ada yang saya tambahkan untuk isi didalam materi tersebut.

Didalam kehidupan, manusia tentu akan merasakan atau melihat suatu keindahan. Keindahan adalah sesuatu yang dapat menyenangkan hati dan enak dilihat. Keindahan dapat menimbulkan rasa kepuasan didalam diri manusia.  Keindahan berasal dari kata Indah yang berartikan bagus,cantik dan lain sebagainya. Menurut pembagian nya keindahan dibagi menjadi dua, keindahan sebagai kualitas yang abstrak dan keindahan sebagai sesuatu benda yang indah.

Keindahan sebagai kualitas yang abstrak yaitu keindahan yang tidak dapat terlihat jelas secara kasat mata dan tidak beraturan tetapi keindahan nya dapat dirasakan. Contoh nya seperti melihat lukisan yang abstrak,keindahan di alam seperti angin yang sejuk, atau sifat manusia yang memberikan kesan indah seperti sifat manusia dengan kebaikan hatinya yang dapat dilambangkan menjadi suatu keindahan yang alami. Sedangkan keindahan sebagai sesuatu benda yang indah yaitu keindahan yang dapat dilihat seperti benda guci yang mempunyai ornamen berbentuk kristal yang unik dan cantik dengan tambahan lukisan daun berwarna biru berkilauan disekelilingnya.

Keindahan juga dapat didapatkan melalui keindahan jasmani, keindahan seni dan keindahan alam. Keindahan jasmani dapat dikatakan sebagai keindahan yang didapat dari dalam diri jiwa maupun raga manusia. Contohnya seperti seseorang wanita yang mempunyai rambut yang indah dengan tergurai panjang serta halus untuk disentuh. Keindahan seni yaitu keindahan yang dapat dirasakan atau dilihat melalui pembuatan hasil dari karya-karya seni. Contoh nya seperti karya seni patung,lukisan,musik dan lain sebagainya. Keindahan alam yaitu keindahan yang dapat dirasakan melalui penglihatan untuk pesona alam. Contoh nya seperti melihat matahari terbit dipantai atau melihat luasnya hamparan rumput dengan ditumbuhi penuh bunga.

Didalam keindahan terdapat teori yang dapat kita ketahui, seperti salah satunya adalah teori psikologis. Teori psikologis didalam keindahan merupakan teori yang melambangkan unsur keindahan sebagai pemenuhan keinginan alam bawah sadar manusia. Maksudnya jika kita sebagai seorang seniman dan ingin melukis sesuatu yang indah, itu berarti diri kita ingin memenuhi keinginan alam bawah sadar untuk mendapatkan suatu keindahan.

Keindahan akan terus terjaga didalam kehidupan manusia apabila manusia itu sendiri dapat menjaga sesuatu yang mereka anggap indah. Contoh nya seperti ruangan yang sudah tertata dengan indah dan bagus tetapi akhirnya ruangan tersebut berantakan karena ulah manusia itu sendiri maka keindahan nya akan memudar. Jaga keindahan, maka akan tercipta sesuatu yang dapat menyenangkan hati dan pikiran manusia.

(+) Positive yang harus ditekankan
- Menjaga keindahan yang sudah tercipta.
- Melestarikan keindahan dengan cara membuat sesuatu yang didalam nya terdapat unsur keindahan.
- Selalu mensyukuri keindahan yang sudah diberikan Tuhan kepada kita,contoh nya seperti keindahan alam.

(-) Negative yang harus ditinggalkan
- Merusak keindahan
- Tidak mensyukuri keindahan yang sudah diberikan Tuhan kepada kita, seperti keindahan mempunyai rambut yang hitam panjang dan halus tetapi malah tidak mensyukurinya dengan memotong rambut nya serta diwarnai karena mengikuti tren rambut masa kini.
- Tidak menghargai hasil karya orang lain yang sudah dibuat begitu indah nya dengan meledek atau bahkan mencaci maki hasil karya nya tersebut karena tidak menyukai pribadi nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar