Viewers

Rabu, 16 Oktober 2013

Bahasa Non-Verbal terhadap Ketertarikan Pada Seseorang

Hi semua... ^ ^

                Sebelumnya, kalian sudah pernah merasa jatuh cinta belum? saya rasa ada yang sudah dan mungkin ada juga yang belum. Hehe. Untuk permulaan dari  catatan kecil blog saya ini, saya akan memberi informasi kepada kalian perihal tanda-tanda seseorang tertarik kepada lawan bicara nya melalui bahasa Non-Verbal, lebih spesifik nya adalah Bahasa Tubuh.

                Dalam hal ini, bisa tertarik dalam hal Percintaan, bisnis, pertemuan dan lain sebagainya. Pada dasarnya sebuah ketertarikan seseorang tidak bisa untuk disembunyikan dan yang justru terjadi adalah perubahan yang terjadi pada gerakan anggota tubuh yang merupakan reaksi alam bahwa sadar. Berikut ini adalah tanda-tanda nya :
                                                   

 1. Kombinasi Tatapan dan perubahan pupil mata
                Mungkin diantara kalian ada yang masih bertanya-tanya, apa maksud dari kombinasi tatapan? Kombinasi tatapan adalah kombinasi dimana tatapan mata seseorang digabungkan dengan gerakan tubuh yang lain seperti tatapan mata yang di ikuti oleh senyuman perubahan otot-otot di sekitar bibir. Otot pinggir bibir sedikit tertarik ke atas dan bibir menjadi sedikit terbuka.

                Seseorang yang tertarik, pada dasar nya tatapan nya akan tertahan untuk waktu yang sedikit lebih lama dan di ikuti oleh perubahan pupil mata yang membesar. Contoh dasar nya seperti ini:

Anda sedang berbicara terhadap seseorang yang anda sukai. Tetapi anda belum mengetahui apakah orang tersebut tertarik terhadap anda atau tidak. Anda bisa lihat dari  pupil mata nya, apabila pupil mata orang tersebut semakin membesar pada saat berbicara kepada anda maka ada kemungkinan besar ia tertarik pada anda.

 Hal ini juga bisa terjadi pada saat seseorang tertarik terhadap anda dengan cara melihat anda dengan tatapan mata yang membulat, mengapa? Karena menurut pendapat saya mata yang membulat bisa dikatakan seseorang merasa tertarik terhadap anda tetapi anda juga harus bisa menimbang-nimbangkan hal yang lain, maksudnya ialah jangan sampai hal ini justru membuat anda salah paham karena mata yang membulat namun disertai dengan menyilangkan tangan di dada dapat dikatakan orang tersebut tidak tertarik terhadap anda Karena apabila seseorang menyilangkan lengan nya di hadapan anda pada saat anda berbicara, bisa dikatakan orang tersebut merasa kurang nyaman dan sikap tubuh ini bisa diartikan sebagai penolakan terhadap kehadiran anda.

2. Merapikan Rambut

                   Hohoooo. Merapikan rambut? Hayoo.. siapa diantara kalian yang pernah melakukan hal ini pada saat bertemu dengan seseorang yang membuat kalian tertarik, Hehe. Menyentuh rambut merupakan gerakan isyarat yang paling umum terjadi apabila seseorang merasa tertarik dengan lawan bicara nya. Dari beberapa gerakan NonVerbal, gerakan inilah yang paling mudah terlihat dan sering terjadi.

                Biasanya yang terjadi adalah apabila seseorang berbicara dengan lawan berbicara yang membuat ia tertarik, rambut bagian samping yang akan ia sentuh. Contoh nya seperti ini:

                Anda bertemu dengan seseorang dan ia berada di samping kiri anda, Biasanya yang akan ia sentuh adalah rambut dibagian kiri nya sedangkan sebaliknya apabila anda bertemu seseorang dan ia berada di samping kanan anda, biasanya yang akan ia sentuh adalah rambut di bagian kanan nya. Hal ini menunjukan bahwa ia terbuka untuk anda dalam arti ia tertarik terhadap anda yang sedang berbicara dengan nya.

                Namun tolong di ingat, hal ini juga jangan sampai jadi salah paham buat anda dalam kondisi lain. Bisa dikatakan apabila anda berbicara dengan seseorang dan ia merapikan rambut nya pada saat itu dikarenakan memang ia menganggap rambut nya kurang rapih dan akhirnya ia rapikan. Jadi kesimpulan nya adalah anda harus pintar-pintar menilai, biasa nya sikap seseorang merapihkan rambut yang menunjukan ketertarikan akan dibantu dengan gerakan NonVerbal lain nya misalkan seperti tatapan, condongan kaki yang menuju ke arah anda dan lain sebagai nya.

3. Menunjuk lewat kaki

                Nah, seperti yang saya katakan diatas. Menunjuk lewat kaki dapat diartikan sebagai salah satu ciri apabila seseorang merasa tertarik dengan anda. Biasanya condongan arah kaki mengarah kepada anda dan di ikuti oleh arah badan nya yang menghadap anda. Namun sebaliknya apabila condongan arah kaki nya tidak ke arah anda, terdapat kemungkinan bahwa ia tidak tertarik berbicara dengan anda dalam arti tidak menyukai anda atau ada hal lain yang membuat nya merasa terganggu saat berbicara dengan anda.

                Contoh nya seperti ini:

                Anda sedang berbicara dengan seseorang, dan orang tersebut arah condongan kaki nya tidak kepada anda. Bisa dikarenakan ia sedang terburu-buru karena ada hal lain yang mau ia lakukan tidak dengan anda, seperti hal nya ingin cepat pergi menuju pertemuan klien kemudian ia ingin menghentikan pembicaraan nya dengan anda, atau kemungkinan lain memang ia tidak tertarik berbicara dengan anda dalam arti ia tidak menyukai anda, tetapi hal tersebut juga harus di dasari oleh gerakan NonVerbal yang lain atau fakta lain yang dapat memperkuat bahwa ia tidak menyukai anda.

4. Menelengkan kepala

                Menelengkan kepala? Apakah anda mengerti maksud dari kata tersebut? J Menelengkan kepala adalah gerakan dimana kepala seseorang mengarahkan kepala nya ke arah belakang dan sedikit berposisi miring.  Dan biasanya gerakan ini di ikuti oleh  pupil mata yang membesar dan pandangan yang menatap tajam agak lama.

                Gerakan menelengkan kepala lebih sering dilakukan oleh perempuan ketika ia tertarik dengan seorang pria, mengapa? Karena gerakan ini  biasanya dilakukan bersamaan dengan  menyibakan rambut kebelakang hingga bagian leher terlihat jelas. Itu dapat diartikan bahwa ia tertarik terhadap lawan bicara nya tersebut.

5. Mendekat

                Hmmm..... mendekat? Mungkin yang sudah pernah merasa jatuh cinta atau merasa tertarik dengan lawan bicara, justru gerakan NonVerbal inilah yang paling sering dilakukan dan mudah untuk diketahui apakah ia tertarik dengan lawan bicara nya atau tidak.

                Menurut teori yang dikemukakan oleh Robert T.Hall pada tahun 1960, Apabila anda dalam posisi jarak 15 sampai dengan 46 cm bersama dengan lawan bicara anda, pada jarak ini biasanya seseorang merasa bahwa daerah ini adalah daerah teritorinya. Apa itu daerah teritori? Daerah teritori adalah daerah dimana seseorang tersebut sudah merasa bahwa daerah tersebut sudah menjadi milik nya, tidak semua orang dapat  memasuki nya kecuali mereka yang memiliki ikatan emosional yang baik. Dan apabila dilihat dari jarak antara 46 sampai dengan 120 cm, biasanya pada jarak ini terdapat pendekatan antara individu pada pertemuan-pertemuan, diskusi atau perlehatan sosial.


                Sekian Informasi dari saya. Mohon komentar dan kritikan nya yaa. atau ada yang ingin kalian tanyakan? Saya sangat terbuka apabila anda ingin bertanya.Terimakasih. Semoga bermanfaat.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar